Cara Membedakan Jenis Kelamin Kacer Jantan Dan Betina Saat Trotol

Membedkan jenis kelamin pada dunia burung adalah hal pertama yang selalu di sorot oleh pemikiran karena dalam hal itu sangat penting dan pertama yang selalu menjadi pembuka bicaraan antara pembeli burung di pasaran, memanglah ada cara khusus dalam membedakan jenis kelamin burung menurut para master dalam membedakan burung bisa dilihat sejak burung masih trotol.

Menurut para master burung kacer untuk membedakan ciri kacer betina dan jantan sejak trotol merupakan hal yang penting karena kita akan memulai untuk membangun dari sisi penjinakan, mental dan suara isianya untuk membedakan jenis kelaminnya bisa dilihat dari beberapa aspek :



  • Bentuk kepala
  • Bentuk paruh dan warna paruh
  • Warna punggung dan sayap
  • Bentuk tubuh dan gaya berdiri

Baca juga : Cara Membedakan Kipasan Belang Jantan dan Betina

Mari kita kupas tuntas aspek diatas tadi ya...

Bentuk kepala - Umumnya kepala kacer trotolan jantan terlihat lebih persegi atau memiliki kepala yang sedikit lebih rata atau ceper jika dibandingkan dengan burung betina.

Bentuk dan warna paruh - Kacer trotolan jantan rata-rata memiliki paruh pendek yang berwarna hitam di bagian atas dan paruh bagian bawahnya, terutama pada bagian yang berbentuk huruf “ Λ “. Cara ini dianggap lebih akurat dalam membedakan jenis kelamin kacer trotolan.

Warna punggung - Kacer trotolan jantan memiliki warna bulu di bagian punggung dan sayap yang hitam, sedikit legam. Adapun burung betina memiliki warna bulu di kedua bagian tersebut hitam terang atau hitam bercampur abu-abu atau cokelat.

Bentuk tubuh dan gaya berdiri - Bentuk tubuh kacer trotolan jantan lebih langsing, dada lebih bidang, dan jika berdiri terlihat lebih tegap. Adapun kacer trotolan betina umumnya memiliki tubuh bulat. Memang ada yang mengatakan, hal ini tidak bisa menjadi patokan, karena jika berumur kurang dari 3 minggu, kondisi burung jantan dan betina sama-sama terlihat. Nah, sebagian kacer mania Indonesia juga meyakini, lidah trotolan jantan memiliki 1-2 bercak hitam.

Semoga tips di atas menjadi ilmu bagi anda dan menjadi pengetahuan yang mendalam dalam membedakan jenis kelamin burung kacer jantan dan betina saat waktu trotal. Terimakasih.
Cara Membedakan Jenis Kelamin Kacer Jantan Dan Betina Saat Trotol Cara Membedakan Jenis Kelamin Kacer Jantan Dan Betina Saat Trotol Reviewed by Auliya on May 09, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.