Cara Membersihkan Dan Pemberian Obat Tetes Telinga Kucing

Source Queen -  Kali ini saya akan membahas tentang panduan bagaimana cara membersihkan telinga kucing yang baik dan benar. Masalah telinga kucing memang harus sering dibersihkan, karena jika telinga kucing sangat kotor maka sangat mudah juga bakteri, kuman maupun jamur akan menyerang telinga/kuping kucing, karena bagian yang paling rawan terkena penyakit adalah telinga kucing.

Telinga kucing memang sangat mudah kotor bahkan dalam hitungan hari bisa cepat kotor, apalagi kucing tersebut suka keluar rumah atau sering bermain ditempat terbuka seperti kebun belakang rumah, yang memang tempat tersebut lebih banyak debu nya dibanding di dalam rumah atau di dalam ruangan.


Untuk metode pembersihan telinga kucing ada banyak, yang pertama adalah dengan cara hisap (suction), cara ini biasa dilakukan oleh dokter hewan yang sudah ahli karena cara ini menggunakan mesin atau alat penghisap khusus dari bahan karet. cara ini ditujukan bagi kucing yang mempunyai penyakit telinga seperti infeksi telinga yang parah seperti telinga bernanah. Yang kedua adalah metode irigasi yaitu dengan cara memasukkan cairan yang mengandung ceruminolyt kedalam telinga kucing yang bertujuan untuk melepaskan kotoran didalam telinga.


Nah disini saya akan memberikan metode pembersihan telinga kucing sendiri yang baik dan mudah untuk dilakukan supaya kucing kita tetap sehat dan bersih tentunya. Karena kucing akan merasa tidak nyaman apabila mempunyai telinga yang sangat kotor, disamping itu juga lebih mudah terserang penyakit jika tidak segera dibersihkan.


Cara Membersihkan Telinga Kkucing:
  • Siapkan bahan : cotton bud, kapas/tisu dan cairan pembersih telinga kucing
  • Tetesin telinga kucing dengan cairan pembersih
  • Setelah itu pijat telinga kucing dengan lembut supaya cairan menyebar dan merata
  • Biarkan kepala kucing menggeleng-geleng supaya sisa cairan pembersih dapat keluar
  • Bersihkan cairan & kotoran telinga bagian luar dengan kapas/tisu
  • Bersihkan lekukan telinga dengan cutton bud hingga bersih
  • Setelah dibersihkan, teteskan obat telinga lalu pijat hingga merata (jika kucing mempunyai penyakit telinga : tungau/kutu/scabies)

Note : Pemberian obat tetes harus mengikuti aturan yang tertera dikemasan atau harus mengikuti petunjuk dokter.
Cara Membersihkan Dan Pemberian Obat Tetes Telinga Kucing Cara Membersihkan Dan Pemberian Obat Tetes Telinga Kucing Reviewed by Auliya on May 08, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.