Cara Memotong Kuku Kucing Yang Baik Dan Benar

Source Queen -  Kali ini saya akan memberikan tips bagaimana cara memotong kuku kucing yang baik dan benar. Pada umumnya semua kucing selalu merawat dan selalu menjaga kukunya sendiri dengan baik yakni dengan cara menggaruk-garuk, mencakar atau memanjat pada benda seperti kayu, batang pohon, kardus dan lain sebagainya.

Hal semacam itu memang berguna untuk membantu kuku-kuku kucing supaya bersih dan juga bermanfaat untuk mempertajam kuku kucing. Terkadang kita sendiri suka jengkel dan kesal apabila kucing kesayangan kita menyakar-nyakar dan merusak perabotan dirumah. Jika demikian sebaiknya anda menyediakan tempat menggaruk seperti batang kayu atau batang yang dililit dengan tali, atau kalau tidak mau repot bisa beli di petshop dengan bentuk yang beraneka macam sekaligus mempunyai desain yang dirancang khusus untuk arena bermain kucing.


Pemotongan pada kuku kucing ini biasanya dilakukan sebulan sekali atau jika kita sudah merasakan kucing kita sudah tajam kukunya, bisa langsung dipotongin. Sebaiknya proses pemotongan ini dilakukan sejak kucing masih kecil supaya kucing tersebut terbiasa dan mudah. Pemotongan kuku juga sangat penting dan wajib bagi kucing yang mau kawin agar supaya tidak melukai pasangan saat mau dikawinin. Selain itu juga sangat penting buat kesehatan dan kebersihan kucing.

Anatomi pada kuku kucing memang bisa dibilang unik, karena kuku kucing tidak seperti pada anjing. kuku kucing bisa kedalam bersembunyi pada saat normal dan juga bisa keluar saat kondisi kucing sedang marah.


Yang harus diperhatikan saat memotong kuku kucing adalah melihat batas daging dengan kuku supaya saat proses pemotongan tidak terjadi pendarahan yang mengakibatkan kucing kesakitan. Untuk itu lihatlah kuku kucing dengan jeli, biasanya di bagian dalam kuku kucing terdapat warna pink dan jangan sampai memotong bagian warna pink tersebut.

Cara Memotong Kuku Kucing:
  • Siapkan Gunting kuku kucing
  • Tekan pada telapak kaki kucing supaya muncul keluar kukunya
  • Potong ujung kukunya, jangan sampai terkena bagian kuku yang berwarna pink (daging didalam kuku)
  • Lakukan pemotongan satu persatu dan harus teliti serta hati-hati
  • Jangan sampai lupa untuk memotong kuku jempol yang letaknya dekat dengan pergelangan kakinya

Note : Biasanya kaki kucing normal, pada bagian depan terdapat 5 kuku sedangkan kaki belakang memiliki 4 kuku. Akan tetapi ada sebagian dari kucing yang mempunyai 6 jari kaki depan, yaitu termasuk golongan kucing polidactyl (kelebihan jari kaki depan)
Cara Memotong Kuku Kucing Yang Baik Dan Benar Cara Memotong Kuku Kucing Yang Baik Dan Benar Reviewed by Auliya on May 08, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.