Cara Mengobati Kucing Yang Terkena Jamur Ringworm

Source Queen - Penyakit Jamur memang paling menyebalkan yang kerap diderita oleh kucing. Terlebih kitten yang notabene ketahanan badannya yang lebih rendah hingga mudah sekali tertular.

Disini penulis akan sedikit mengulas tentang apa itu jamur kurap ini, Ringworm adalah jenis jamur yang hidup di kulit serta bulu. Terdapat banyak species jamur yang hidupnya di kulit serta di bulu, satu diantara spesies yang cukup bandel serta kerap menyerang binatang kesayangan seperti kucing, anjing maupun kelinci yaitu jamur jenis Microsporum canis.


Ciri-cirinya hewan terjangkit jamur ringworm yaitu bulu rontok dan membotak, terkadang dibarengi kerak kulit kering yang mirip seperti ketombe. Rontokan kulit kering yang terkelupas terkadang mirip sisik. di daerah bulu rontok terdapat lingkaran di kulit berwarna kemerahan seperti luka dan terasa gatal oleh kucing tersebut. sehingga kucing sering garuk-garuk biasanya dibagian muka serta telinga. Pada umumhya puncak kerontokan bulu kucing bisa memakan waktu kurang lebih 1 bulan sejak terserang jamur Microsporum canis.



Jamur seperti ini dapat menular dan menyebar lewat kontak dengan kucing apalagi dalam satu rumah terdapat banyak kucing. penyebaran spora Ringworm ini dapat melalui kontak langsung dengan bulu dan tempat seperti lantai, kandang, tempat makan/minum, tempat tidur, handuk, sisir dan lain-lain. Jamur tumbuh dan berkembang biak sangat cepat jika keadaan lingkungan dan tempat kucing yang kurang bersih dan lembab.


Cara mengatasi dan menyembuhkan jamur Ringworm

Obat Minum :

  • Ketoconazole, Obat ini kerap dipakai juga sebagai anti jamur. Umumnya diberikan berbarengan dengan makanan yang berlemak supaya penyerapan obat tambah baik. Efek samping: hilangnya nafsu makan, mual-mual serta muntah.

  • Itraconazole, Pemberian 2 x 2 minggu. Obat ini sebaiknya juga diberikan berbarengan makanan yang berlemak dengan maksud lebih maksimal penyerapan obat. Efek samping: Nafsu makan menurun, muntah. Jangan diberikan pada kucing sedang hamil.

  • Griseofulvin, pemberian obat yaitu 4 - 6 minggu. Efek samping: Masalah pencernaan, nafsu makan menyusut, demam.

  • Fluconazole, Pemberian obat setiap hari atau dua hari sekali selama beberapa minggu hingga sembuh. Efek samping: Masalah pada fetus kucing, Gangguan pada hati. Jangan diberikan kepada kucing hamil.


Obat Luar  :
  • Shampoo - Shampo yang mengandung Ketoconazole seperti fungasol, atau Shampo yang mengandung Povidone Iodine maupun sulfur. bisa dibeli di apotik atau petshop. Yakinkan bahan ketokonazol yang ada pada obat itu 2% dan 1% seperti yang ada pada shampo nizoral SS. sampo obat tersebut dapat membasmi jamur jenis Microsporum serta Trichophyton pemicu jamur ringworm. Efek sampingnya adalah alergi akibat bahan ketoconazole.

  • Belerang atau Lime sulfur 0.5 - 5 % - Belerang yaitu obat classic untuk membasmi penyakit jamur. Dengan cara kucing dicelup atau dimasukkan kedalam larutan cairan belerang serta diratakan ke semua tubuh. Lalu keringkan dengan handuk bersih serta keringkan dengan hairdryer lebih bagus jika ada. Kekurangan penyembuhan ini yaitu bau sulfur yang dapat mengakibatkan nafsu makan kucing menurun. Diluar itu dapat pula  menggunakan obat semprot atau spray yang memiliki kandungan belerang. Larutan belerang bentuk semprot atau spray itu dapat diperoleh di petshop.
  • Obat Oles Salep Dan Bedak - Beberapa banyak obat gosok cuma dapat diperoleh di Apotik dengan menggunakan resep oleh dokter hewan. cara penggunaan nya cukup dengan di oleskan salep pada bagian yang terjangkit jamur ringworm. Kekurangan pada obat gosok ini yakni warna obat yang membekas pada bulu kucing serta bau yang agak menyengat. Diluar itu obat gosok sedikit susah dipakai pada daerah di sekitar mata kucing lantaran bisa mengakibatkan iritasi bila masuk ke mata kucing, untuk mengindari bahaya sebaiknya dipakai kan collar saat mengobati dengan salep, yang berguna untuk mencegah agar kucing tidak bisa menjilat-jilat bagian yang telah diolesi obat tersebut. Rekomendasi obat dari saya adalah minyak VCO (Virgin Coconut Oil)  yang dapat anda temukan di apotik Guardian & Century. Obat ini sangat aman dan manjur skaligus mengobati bulu rontok, cara penggunakan cukup dioleskan ke tubuh bagian yang terserang jamur ringworm.
Cara Mengobati Kucing Yang Terkena Jamur Ringworm Cara Mengobati Kucing Yang Terkena Jamur Ringworm Reviewed by Auliya on May 07, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.